Mayoritas Selalu Benar, dan Bahasa Kita Membuktikannya

Image for post
Image for post

Di sebuah dunia yang ideal, segala hal yang benar dan salah dinilai secara objektif. Berapa jumlah orang yang percaya akan sesuatu yang salah tidak akan membuat hal tersebut menjadi benar, begitu juga sebaliknya. Sayangnya kita tidak hidup di dunia yang ideal, dan khusus di Indonesia, bahkan bahasa nasional kita membuktikan kalau mayoritas selalu benar.

Saya ambil contoh satu kata dari Jepang yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia, yaitu “samurai.” Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi III yang terbit pada tahun 2005, kata samurai memiliki makna yang sesuai dengan definisi aslinya di Jepang, yaitu “aristokrat Jepang dari golongan kesatria.”

Sayangnya sering sekali orang Indonesia menggunakan kata tersebut untuk mendeskripsikan pedang asal Jepang.

Bukannya berusaha meluruskan pemahaman agar sesuai dengan makna sesungguhnya, mulai KBBI edisi IV yang rilis pada tahun 2008 (dan baru tersedia secara digital di tahun 2015), makna samurai ditambah sesuai dengan kesalahpahaman mayoritas. Kini samurai juga memiliki arti “pedang khas Jepang agak melengkung.”

Kenapa saya mempermasalahkan hal ini? KBBI disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang bernaung di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sebagai badan yang bertanggung jawab untuk mencerdaskan bangsa, kenapa kita malah dicekoki dengan pemahaman mayoritas yang sebenarnya salah kemudian disulap menjadi sesuatu yang benar?

Mungkin bagi banyak orang, argumen saya ini terkesan dipaksakan. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini menunjukkan bukti bagaimana di Indonesia, kamu tidak perlu benar untuk diakui benar. Kamu bisa saja menjadi salah asalkan ada jutaan orang yang setuju dengan pemahamanmu, maka kamu akan dianggap benar.

Written by

A boy trying to find himself and the others through words.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store